Selasa, 27 Mei 2008

PILI dan IdOU meluncurkan buku Daftar Burung Indonesia no. 2

Daftar Burung Indonesia No. 2 Halaman 157 halaman

Penulis: Wishnu Sukmantoro, Mohammad Irham, Wilson Novarino, FerryHasudungan, Neville Kemp, Muchamad Muchtar

Penerbit: PILI Publising

Siaran Pers Launching BukuIdOU (IndonesianOrnithologists¢ Union), LIPI, Pusat Informasi Lingkungan Indonesia (PILI) danOriental Bird Club (OBC) bekerjasama mewujudkan sebuah buku yang palingbersejarah bagi perkembangan ornitologi di Indonesia yaitu Daftar BurungIndonesia no. 2 (DBI no. 2). Buku tersebut merupakan kelanjutan dari Buku DBIno. 1 yang diterbitkan tahun 1992. Dalam prosesnya, buku yang mulai digarapsejak tahun 2005 ini mendapatkan kontribusi dari para ahli perburungan diIndonesia, Malaysia, Jepang, Australia, Belanda, Inggris dan Amerika.

Buku setebal 160 halaman tersebut telahmemasukkan dan mengklasifikasikan 1598 spesies burung di Indonesia. Yangmenarik dari DBI no. 2 ini adalah, bahwa selama kurun waktu 1992-2007 telahterjadi penambahan 71 spesies baru dan mengeluarkan 6 spesies yang secara taksonomi terbaru dan kondisi penyebaran secara geografis dinyatakan tidakmasuk di wilayah Indonesia. Buku tersebut juga mengungkapkan terjadinya pengurangan12 spesies burung endemik di Indonesia.Adapun salah satu penyebab pengurangan tersebut adalah berubahnya status beberapa spesies endemik akibat pemisahan Timor Leste dari Indonesia.

Buku DBI no. 2 menggunakan landasan taksonomidari buku daftar burung Peters¢ sequence. Buku Peters¢ sequence pertamakali diterbitkan pada tahun 1936 oleh Peters yang kemudian diperbaharui dandiikuti oleh banyak ahli taksonomi di seluruh dunia. Buku Peters¢ sequence lebih mengedepankan klasifikasi berdasarkan morfologi dan geografis dalammembedakan spesies satu dengan yang lain. Dalam perkembangan lebih lanjut sejakditemukannya DNA, beberapa ahli taksonomi memasukkan unsur-unsur analisa DNAmenjadi faktor pendukung dalam melakukan klasifikasi bersama-sama dengan kajianmorfologinya. Di seluruh dunia selain
Peters¢ sequence, juga terdapat Sibley Monroe sequence, Clements Sequence dan Howard & Moore sequence sebagai rujukan taksonomi.

Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi:PILI-NGO Movement
Jl. Tumenggung Wiradireja No. 216 Cimahpar, Bogor, Jawa Barat
Telp. 0251-657002
Fax. 0251-657171
Email: ngo-move@...
Website. www.pili.or.id

sumber: milis lingkungan

Tidak ada komentar: